Interview Seto Mulyadi (Ka Seto)

Kesimpulan Wawancara

Bahwa untuk menjadi pribadi yang sukses kita harus mempunyai kemauan yang keras dan semangat yang kuat, karena untuk menjadi sukses itu tidak instan dan datang begitu saja tetapi bagaimana diri kita sendiri yang menentukan apakah mau jadi sukses atau tidak. Dan jangan takut untuk bermimpi, karena mimpi itu merupakan berkhayal yang tidak dipungut biaya. Jadi bermimpilah yang sangat tinggi, untuk bisa menggoalkan mimpi itu kita harus bisa secara perlahan merealisasikannya. Mulai dari menulis mimpi dan cita – cita kita di kamar, dompet, binder, atau tempat lainnya yang sering kita lihat, karena dengan sering melihatnya kita dapat mengukur sudah sejauh mana langkah kita untuk bisa mewujudkan mimpi dan cita – cita kita tersebut.

Dan jangan takut mencoba hal yang baru, karena hal yang baru itu dapat membuat kita lebih menambah pengalaman dan pengetahuan, seperti yang Kak Seto alami ketika dua kali tidak diterima di fakultas kedokteran tetapi dia dengan sangat menerima masukan dari Pak Kasur untuk mencoba masuk ke dalam dunia psikologi yang sama sekali tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Lalu dengan bagaimana dengan kita sendiri? Seharus kita juga bisa mencontoh seperti Kak Seto yang dengan berani terjun di dunia yang belum pernah sama sekali dia ketahui, dan sampai saat ini justru Kak Seto sangat terkenal karena dunia psikologi anak yang membuatnya mendapatkan banyak penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Kak Seto juga sangat prihatin dengan dunia anak di Indonesia yang semakin lama semakin tidak ada penghargaannya, karena saat ini di dunia televisi Indonesia sudah sangat jarang sekali tayangan buat anak – anak kecil. Ini yang membuat anak – anak Indonesia menjadi dewasa sebelum waktunya terlebih lagi akses internet yang sekarang juga sudah sangat mudah yang membuat anak – anak banyak membuka situs yang seharus tidak cocok untuk dikonsumsi oleh anak – anak. Seharusnya industry televisi di Indonesia harus dapat lebih menghargai hak anak untuk bisa mendapatkan program tayangan yang sesuai dengan usia anak – anak, tidak melulu tayangan kekerasan, sinetron, infotaiment, dan acara – acara music yang memutarkan lagu – lagu tentang perselingkuhan, cinta monyet, dan lagu bertemakan cinta lainnya.

Dari beberapa jawaban pertanyaan Kak Seto kita dapat mengambil sisi positifnya, dan mungkin suatu saat nanti kita bisa menjadi legend seperti beliau sehingga pengalaman yang beliau tuangkan walaupun sedikit dapat berguna sangat besar bagi saya dan teman – teman di masa yang akan datang.

Berry Muhammad Akbar

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar